Face To Face with Desi Anwar, Interview with Kitaro

Kamis, 26 Mei 2011


Pelajaran listening berikutnya, Guruku, Mbak Desi Anwar, mengajak kami semua, murid-murid, untuk mengenal Kitaro melalui video ini ( click here ). 

Siapa itu Kitaro ? Nama asli Kitaro adalah Masanori Takahashi, putra pasangan petani Jepang. Kitaro adalah “ nick name “ dari teman-teman Kitaro yang berarti lelaki penuh kebahagiaan dan cinta. Kitaro pernah ke Indonesia sebelum ini, terakhir tahun 1993, kali ini dia datang kembali ke Indonesia bersama sang istri, Keiko dan kru untuk mengadakan konser ini ::



Kitaro sempat mengadakan Charity Event di Universitas Indonesia, Depok, dimana hasil konser hari itu akan dia sumbangkan untuk bencana Tsunami – Jepang. Face To Face with Desi Anwar mendapat kesempatan untuk mengikuti hari-hari Kitaro selama di Indonesia.

Sangat seru ..

Kitaro tidak pernah menempuh pendidikan musik secara formal. Bahkan sebelum kelas 2 SMU, Kitaro tidak pernah kepikiran untuk menjadi pemain musik. Kitaro suka sekali main tenis dan saat itu fokus untuk menjadi pemain tenis profesional. Barulah saat kelas 2 SMU, dari ajakan seorang teman, Kitaro mulai tertarik untuk belajar musik dan semua itu dia lakukan sendiri, tanpa guru. Hmm .. bisa dilihat kegigihan beliau dari sini !!

Kalau pernah nonton konser Kitaro pasti kagum banget deh, karena Kitaro sangat pandai memainkan berbagai alat musik. Aku suka musik instrumen pertama kali pas SMU, saat itu aku suka dengan Maxim dengan lagu Exodus karena Maxim konser di Indonesia jadi lagu Exodus menggema dimana-mana ::


Tapi setelah terbiasa melihat Maxim yang cuma memainkan satu alat musik yaitu piano, kemudian melihat konser Kitaro yang memainkan berbagai alat musik sekaligus, aku juga jadi kagum pada Kitaro.


Kitaro selain hebat juga rendah hati. Kerendahhatian Kitaro terlihat pas Desi Anwar menanyakan darimana sumber inspirasi Kitaro, Apakah dari hatinya ? Apakah dari pikirannya ?

Kitaro dengan rendah hati menjawab, bahwa sumber inspirasi bukan dari dirinya, melainkan itu semua dari alam. Alam yang memberi dia inspirasi sementara dia cuma berperan sebagai “ messenger “ .. Belajar lagi kan .. Kitaro sangat peduli pada alam, bahkan saking cintanya, pas terjadi bencana Tsunami – Jepang, Kitaro sampai down ..

Itu adalah pelajaran penting, dimulai dari diri kita sendiri, harus mulai belajar juga untuk menghargai alam ! Mungkin di lain kesempatan, aku bisa share dengan teman-teman juga tentang kegiatanku bersama beberapa teman terkait dengan lingkungan hidup .. BUT NOT NOW ..

Balik lagi ke Kitaro ..

Paling buat aku terkesan adalah musisi sehebat Kitaro justru mengatakan bahwa musik kesukaan dia adalah keheningan. Aku terkesan dengan jawaban itu dan ga ngerti sampai sekarang, gimana keheningan bisa jadi musik terindah orang ga ada suara di situ ?

Baru pertama aku mengetahui sosok Kitaro secara visual, walaupun sebelum ini aku sudah sering mendengarkan musik-musik Kitaro pas main game di komputer ataupun menonton film .. musik-musik Kitaro hampir selalu jadi backsound ..


 He is inspiring ..

Impressive ..

0 komentar:

Posting Komentar